Novel Mendidik: Sabda Dari Persemayaman Karya T. M. Dhani Iqbal

Shanara Andari Kameswara/180410160082

Sabda Dari Persemayaman, sebuah novel karya T. M. Dhani Iqbal, pertama kali diterbitkan oleh PT. Gramedia Widiasarana Indonesia pada tahun 2003 di Jakarta. Novel ini menceritakan tentang perjuangan seorang pemuda bernama Satar, yang merupakan seorang mahasiswa yang menentang kebijakan-kebijakan institusi pendidikan yang semakin lama semakin irrelevan dan berakibat dirinya dikeluarkan dari universitasnya dengan berbagai alasan tidak masuk akal. Cita-cita Satar dalam perevolusian pendidikan berakhir gagal dan pada akhirnya Satar memutuskan untuk melenyapkan dirinya, kemudian cita-cita Satar tersebut dilanjutkan oleh para teman dan juga pacarnya, namun sayangnya berakhir dengan dikurung dalam penjara.

Menurut Mudji Sutrisno, Dosen STF Driyarkara, novel ini berusaha membahasakan campuran konsep atau ide-ide perubahan kehidupan ke arah yang lebih adil, lebih baik, dan mencoba menaruhnya lewat potret para mahasiswa yang gelisah dan beraksi demonstrasi. Pendapat lain, seperti yang dipaparkan oleh H. Tanzil, buat pembaca yang awam dengan filsafat, mungkin agak sulit dalam mencerna pemikiran-pemikiran Satar di novel ini. Menurut saya sendiri, novel Sabda Dari Persemayaman cukup mudah bagi para pembaca untuk sedikit lebih memahami teori-teori filsafat seperti Albert Einstein, Hegel, Thales, dan para filsafat terkemuka lainnya. Novel Sabda Dari Persemayaman juga sangat bagus serta mendidik dan “memutar otak” karena bertujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat Indonesia akan sistem pendidikan di Indonesia, seperti bahwa kemiskinan, korupsi, dan kejahatan itu sendiri berakar dari buruknya sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

Novel ini saya juluki sebagai novel yang mendidik karena novel ini secara garis besar mengajarkan saya tentang melihat dunia melalui berbagai macam perspektif. Novel ini untuk saya sendiri menambah pengetahuan saya tentang berbagai teori filsafat yang sangat menarik, masuk akal, serta berbobot. Menurut saya, novel ini sangat cocok untuk dibaca oleh para siswa ataupun mahasiswa sebagai generasi muda bangsa, agar menjadi pribadi yang berwawasan luas, berpikiran terbuka, serta paham akan sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia.

Referensi

Iqbal, T.M. Dhani. (2003). Sabda Dari Persemayaman. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

“Membaca “Sabda Dari Persemayaman”.” Tengku Dhani Iqbal WordPress. 4 Agustus 2006. Web. 23 Oktober 2016

(https://tengkudhaniiqbal.wordpress.com/2006/08/04/membaca-sabda-dari-persemayaman/)

“Sabda Dari Persemayaman.” Goodreads. 22 Mei 2011. Web. 23 Oktober 2016.

(http://www.goodreads.com/book/show/3360811-sabda-dari-persemayaman)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s